Ulasan Film Dumbo

 


Judul Buku: Dumbo, The Flying Elephant

Genre: Animasi Klasik, Fantasi
Sutradara: Ben Sharpsteen
Penulis: Helen Aberson, Harold Perl, Otto Englander, Joe Grant, Dick Huemer
Tahun Rilis: 23 Oktober 1941
Pemain: Edward Brophy, Herman Bing, Margaret Wright, Sterling Holloway, Cliff Edwards
Durasi: 64 Menit
Bahasa: Inggris
Produksi Negara: Amerika Serikat
Perusahaan Produksi: Walt Disney
Tayang di: Disney Hotsar

Hiduplah seekor Ibu Gajah yang bernama Nyonya Jumbo. Induk gajah ini bekerja sebagai gajah sirkus bersama kumpulan gajah lain dan ratusan binatang lainnya. Sehari-hari pemilik sirkus mempertunjukkan berbagai kebolehan para binatang yang sudah dilatihnya secara profesional.

Nyonya Jumbo memiliki seekor anak bernama Dumbo. Dumbo adalah plesetan dari dumb yang berarti bodoh. Sebenarnya Nyonya Jumbo tidak ingin anaknya dinamai begitu tapi sepertinya teman-teman gajahnya tidak peduli dengan kesedihan Nyonya Jumbo.

Nama asli Dumbo adalah Jumbo Junior. Alasan diberi nama Dumbo karena dia memiliki ciri yang tidak biasa ada di gajah lainnya. Dumbo memiliki telinga yang sangat besar dan lebar. 

Dumbo juga memiliki sahabat sekaligus mentor bernama Tuan Tikus.  Padahal seluruh gajah di sirkus sangat takut dengan tikus. Hal itu membuat gajah-gajah di sirkus pun semakin membenci keberadaan Nyonya Jumbo dan Dumbo.

Apakah kamu sudah pernah menonton film animasi klasik ini? Film berjudul Dumbo, si Gajah yang Terbang ini sudah diproduksi lebih dari 83 tahun yang lalu, loh.

Ada hal yang kusadari ketika menonton film ini, ternyata di tahun itu perundungan sudah menjadi isu yang sudah mendapat perhatian. Ciri fisik yang aneh dan isu rasisme mendapat perhatian di film fantasi berdurasi 64 menit ini.

Apakah kami tertarik menontonnya? Silakan, ya.

Medan, 15 Oktober 2024


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kerja dari Rumah? Sekarang Saatnya!

Asus Vivobook Go 14 , Laptop Ekonomis Terbaik untuk Mahasiswa Produktif

Menantu atau Mertua yang Menyebalkan?